Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Foodcrops

Friday, June 28, 2013 14:25 WIB

Harga Beras Naik Rp 1.000/Kg, Bulog Gelar Operasi Pasar

Pemerintah melalui Perum Bulog siap melakukan operasi pasar (OP) beras. Operasi pasar difokuskan pada dua kota yaitu DKI Jakarta dan Tangerang (Banten).

Langkah OP ditempuh untuk menekan tingginya harga beras saat ini. Di beberapa pasar tradisional, harga semua jenis beras naik rata-rata Rp 1.000/kg.

"Operasi pasar untuk beras kita tentukan beberapa titik yang terjadi kenaikan (harga). Dalam 1-2 hari kita akan lakukan untuk memperkuat pasokan di DKI Jakarta dan Tangerang," ujar Sekjen Kementerian Perdagangan Gunaryo saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Gunaryo menambahkan bahwa untuk beras tidak ada lonjakan konsumsi yang begitu besar. Ia juga menuturkan bahwa produksi beras cukup karena ada musim panen kedua.

"Nggak ada (lonjakan konsumsi). Selama ini siklus tahunan Maret naik, lalu turun sekarang harusnya landai lalu bulan depan ada panen kedua," imbuhnya.

Ia juga mengungkap bahwa kenaikan harga bahan bakar minyak seharusnya tidak berpengaruh banyak terhadap perubahan harga beras. "Kita lihat menurut komoditasnya. Untuk beras misalnya, kenaikan karena BBM relatif kecil. Biaya angkut per kilogram dari Jawa Tengah ke Jakarta itu dari Rp 170 jadi Rp 190 per Kg jadi relatif kecil," katanya.

Ia juga akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait dampak kenaikan harga BBM yang berpengaruh terhadap harga komoditas pangan.

"Kita akan minta Kementerian Perhubungan membuat referensi. Jadi kalau ada kenaikan, kita bisa lihat patokannya sesuai angka referensi itu, apa sesuai atau tidak," tegasnya.



Sumber: detikcom

RELATED NEWS

OTHER NEWS

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]