Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Economy

Tuesday, October 08, 2013 15:19 WIB

BI Waspadai Shutdown Pemerintah Amerika

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencermati perekonomian global cenderung melambat dan diliputi oleh ketidakpastian yang tinggi. Kinerja perekonomian di negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS), Eropa dan Jepang belum kuat meski mulai menunjukkan perbaikan.

Demikian disampaikan oleh Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A Johansyah di Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Sementara itu, kata Difi, perekonomian negara berkembang dibayangi risiko penurunan pertumbuhan ekonomi serta menurunnya kinerja transaksi berjalan dan pelemahan nilai tukar. Pada saat yang sama, penurunan harga komoditas masih terus terjadi, kecuali harga minyak.

"Di pasar keuangan, sejumlah risiko terkait dengan penundaan kebijakan pengurangan stimulus the Fed (tapering), perdebatan debt ceiling dan penghentian sementara layanan pemerintah AS (government shutdown)," jelas dia.

Secara keseluruhan, melalui jalur perdagangan perkembangan perekonomian global tersebut memberikan tekanan pada kinerja ekspor negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Sementara itu, melalui jalur keuangan perkembangan tersebut dalam jangka sangat pendek mendorong masuknya aliran dana nonresiden ke bursa saham dan obligasi kawasan serta menguatnya mata uang Asia.

http://economy.okezone.com/read/2013/10/08/20/878447/bi-waspadai-shutdown-pemerintah-amerika

 

 

Sumber : OKEZONE.COM

RELATED NEWS

OTHER NEWS

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]