Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Oilgas

Wednesday, January 14, 2015 16:53 WIB

Harga BBM Premium dan Solar Akan Diturunkan Lagi

Ipotnews - Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan, dalam waktu dekat akan melakukan perubahan harga BBM premium dan solar. Langkah ini dilakukan karena harga minyak mentah dalam beberapa hari terakhir terus mengalami penurunan yang signifikan.

Untuk mengubah harga tersebut, pihaknya akan melakukan perubahan beberapa Peraturan Menteri ESDM yang mengatur penetapan harga premium dan solar. Revisi Permen tersebut juga untuk menetapkan perubahan harga dalam tempo dua mingguan.

"Hari Jumat (16/1) akan kita umumkan, perubahan [harga BBM] akan dilakukan tiap dua minggu, Kemungkinan akan revisi Permen ESDM," ujar Sudirman di Jakarta, Rabu (14/).

Ia menegaskan, dalam revisi permen tersebut, yang akan berubah hanya harga dan waktu perubahan harga BBM, sedangkan untuk volume BBM tetap sama seperti dalam APBN 2015.

Sudirman mengakui, sebelumnya pemerintah masih mempertimbangkan penentuan tempo perubahan harga premium, apakah setiap 1 bulan atau per 2 minggu sekali. Perubahan patokan harga BBM setiap bulan untuk mengantisipasi agar harga BBM tidak sering berubah.

Namun akhrinya pemerintah memilih penetapan harga dwi mingguan, karena harga minyak mentah dunia dalam beberapa hari ini sudah mengalami penurunan signifikan. "Tidak fair kalau harus menunggu Februari, sekarang saja turunnya sudah rendah banget," kata Sudirman (Rifai/kk)

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]