Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Industries | Agriculture

Friday, January 16, 2015 14:47 WIB

Tiga Tahun Lagi, RI Mampu Jual Beras

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jika dua hingga tiga tahun mendatang Indonesia mampu membalikkan situasi terkait kebutuhan beras. Selama ini, meski merupakan negara agraria, Indonesia masih mengimpor beras

"Saya minta 2-3 tahun mendatang kita harus bisa balikkan situasi, bahwa kita tanya siapa yang mau beli beras kita," katanya di Istana, Jumat (16/1/2015).

Selain itu, guna mencapai target swasembada, dirinya juga akan memberikan sebanyak 60.000 traktor dan alat lainnya tahun ini untuk membantu di sektor pertanian. Selain itu, akan dibagikan juga benih jagung sebanyak 1 juta hektar.

"Saya kira dalam sejarah pembagian sebesar ini baru tahun ini dilanjutkan tahun depan dan tahun depannya lagi," jelasnya.

Sementara itu, Jokowi mengaku siap membangun waduk dan sudah mengumpulkan sejumlah bupati dan gubernur. Pemerintah berencana akan menambahkan 30 waduk.

"Keperluan kita 30 waduk, bangun kumpulkan bupati wali kota dan gubernur, semua minta tambahan waduk, jadi 49, semua senang waduk. kalau sudah diberi waduk target harus jelas, itu uang negara dan uang rakyat. Saya yakini dengan cara kerja yang kita lakukan, itu target saya tiga tahun harus sudah swasembada, tapi saya yakin sebelum tiga tahun selesai," ujarnya.
http://economy.okezone.com/read/2015/01/16/320/1093086/tiga-tahun-lagi-ri-mampu-jual-beras

 

 

 

Sumber : OKEZONE.COM

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]