Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | LIFESTYLE

Wednesday, October 11, 2017 20:15 WIB

Salvator Mundi, Karya Terakhir Leonardo da Vinci Bakal Dilelang 75 Juta Pound

Ipotnews - Bagi para penggemar seni lukis, tentu nama Leonardo da Vinci sudah tak asing lagi di telinga. Kelahiran Firenze, Italia, 15 April 1452 ini tidak hanya dikenal sebagai pelukis handal, namun juga seorang arsitek yang punya ketertarikan dalam bidang ilmu pengetahuan, matematika, anatomi dan puisi. Namanya juga dikenal dalam penemuan parasut, helikopter dan tank kala itu, namun ternyata karya lukisnya lebih mendunia, seperti The Monalisa, The Last Supper, dan Vitruvian Man. 

Nah, ini cerita tentang lukisan terakhir yang dibuat Leonardo da Vinci berjudul ‘Salvator Mundi’, rencananya akan dijual melalui pelelangan seharga £75 juta,  sejak dijual Sotheby’s pertama kali tahun 1958 dengan harga £45 saja.

‘Salvator Mundi’ atau ‘Juru Selamat Dunia’, dilukis da Vinci sekitar tahun 1500, pada periode yang sama ketika da Vinci menciptakan The Monalisa. Ini adalah satu dari 15 lukisan paling terkenal karya da Vinci dan berada pada satu tahap dalam koleksi Raja Charles I (1600-1649). Salvator Mundi menghilang sampai tahun 1900 ketika diakuisisi oleh Sir Charles Robinson.

Penulisan lukisan oleh da Vinci, asal mula dan sejarah kerajaan yang terkenal telah dilupakan, dan lukisan yang menampilkan wajah serta rambut Kristus telah banyak muncul. Gambaran tentang Kristus, yang dikhawatirkan hilang selamanya, muncul kembali pada tahun 2005 ketika seorang pengusaha Amerika membelinya di sebuah rumah pelelangan kecil dengan harga kurang dari £7.500 ($10.000) di Amerika Serikat.

Pada tahun 2011, setelah enam tahun melakukan penyelidikan, karya tersebut dikonfirmasikan sebagai karya seni da Vinci asli dan diresmikan secara terbuka - menjadikannya penemuan pertama sebuah lukisan oleh da Vinci sejak tahun 1909.

Kini, Christie`s telah mengumumkan akan menjual ‘Salvator Mundi’ pada Evening Sale of Post-War and Contemporary Art pada tanggal 15 November 2017 di Rockefeller Plaza. Rumah lelang tersebut telah memberikan perkiraan harga sekitar £75 juta ($100 juta).

Loic Gouzer, chairman, post-war and contemporary art di Christie`s, New York, mengatakan bahwa "Salvator Mundi adalah lukisan tokoh paling ikon di dunia oleh seniman terpenting sepanjang masa dan kesempatan untuk membawa karya besar ini ke pasar adalah sebuah kehormatan yang datang sekali dalam seumur hidup."

"Meskipun diciptakan sekitar 500 tahun yang lalu, karya Leonardo sama berpengaruh dengan seni yang diciptakan hari ini seperti pada abad ke 15 dan 16. Kami merasa bahwa menawarkan lukisan ini dalam konteks Post-War dan Contemporary Evening Sale kami adalah bukti relevansi gambar ini," komentar Gouzer.

Berawal dari sekitar tahun 1500, minyak yang menghantui pada lukisan panel menggambarkan sosok setengah panjang Kristus sebagai Juruselamat Dunia, menghadap ke depan dan mengenakan jubah lapis dan merah yang mengalir. Dia memegang bola kristal di tangan kirinya saat dia mengangkat tangan kanannya dalam doa. Lukisan Salvatore Mundi Leonardo da Vinci sudah lama diyakini telah ada namun pada umumnya dianggap telah hancur sampai ditemukan kembali lebih dari satu dekade yang lalu

Leonardo da Vinci yang wafat pada tanggal 02 Mei 1519, meninggalkan sebuah jurnal setebal 6,000 lembar berisikan renungan-renungan, daftar belanjaan, dan lelucon mesum. Berbeda dengan artis era Renaisans lainnya, Leonardo da Vinci tidak pernah mengenyam pendidikan formal, namun Ia selalu patuh mengikuti pelajaran di rumah, khususnya membaca dan matematika.(Cathy)

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]