Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Oilgas

Wednesday, December 30, 2015 15:01 WIB

Pertamax Cs Juga Akan Dikenakan Penarikan Dana Ketahanan Energi

Ipotnews - Selain solar subsidi dan premium, pemerintah juga berencana mengenakan pungutan dana ketahanan energi (DKE) kepada seluruh BBM, termasuk pertamax, prtamax plus dan lainnya. Kebijakan tersebut untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

Menteri ESDM, Sudirman Said mengatakan, kebijakan DKE akan dikenakan kepada seluruh energi fosil. Tidak hanya solar subsidi dan premium, tapi juga kepada Pertamax, Pertamax plus dan lainnya.

"Semua energi yang dari fosil akan dikenakan pemungutan DKE," ujar Sudirman di Jakarta, Rabu (30/12).

Namun, bagaimana mekanisme pemungutan tersebut, hingga saat ini masih dikaji. Untuk penerapannya juga masih dikaji, diharapkan bisa dilakukan pada 5 Januari 2016 nanti. Untuk harga BBM yang berlaku juga masih mengikuti hasil dari sidang kabinet beberapa waktu lalu.

"Kajian yang dilakukan saat ini lebih kepada tatacara pemungutan dan penggunaannya," jelasnya.

Diharapkan, badan hukum untuk DKE berasal dari Peraturan Presiden, alasannya karena dengan Perpres akan lebih cepat, karena menjadi kewenangan presiden. Berbeda dengan Peraturan Pemerintah yang lebih rumit pembentukannya. "Badan hukum dalam pertimbangan, karena PP lebih rumit kalau Perpres kan dalam kewenangan presiden jadi bisa langsung (dibentuk)," katanya. (Rifai)

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]