Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Gayahidup

Tuesday, August 22, 2017 20:07 WIB

Pemilik Mengira Lukisan Cetakan, "Tough Call" Karya Rockwell Terjual Rp2 Miliar

Ipotnews - Banyak lukisan karya seniman besar terkubur begitu saja di gudang atau rongsokan barang bekas. Atau sekadar terpampang di sebuah rumah selama berdekade dan si pemilik rumah tak menyadari betapa berharganya lukisan tersebut.

Salah satu karya seni yang mengalami nasib seperti itu adalah lukisan yang berjudul "Tough Call" karya perupa Amerika Serikat, Norman Rockwell, yang terpajang diam di sebuah rumah di Dallas yang didiami pensiunan Gene Sprinkle.

Lukisan tersebut menggambarkan tiga wasit baseball yang tengah menengadah ke langit, memikirkan apakah akan menghentikan pertandingan, karena rintik hujan mulai turun. Karya ini diketahui merupakan ilustrasi Rockwell paling terkenal setelah sempat dipublikasikan di sampul terbitan Saturday Evening Post pada 1949.

Lukisan itu oleh Rockwell ditandatangani dan diberikan kepada John "Beans" Reardon, wasit baseball terkenal kala itu. Sandra Sprinkle, cucu Reardon belakangan menjadi pewaris  dan memajang lukisan itu di rumahnya di Dallas.

Pada 2015, Sandra meninggal dunia dan sang suami, Gene Sprinkle, menjual rumah itu dan pindah ke sebuah komunitas pensiunan. Saat itulah, seorang keponakannya memperhatikan lukisan tersebut dan melihat jelas kuasan cat minyak asli pada lukisan.

"Kami (Gene dan Sandra) menyangka lukisan tersebut adalah cetakan, tapi kami menggantungnya di atas perapian karena itu ditandatangani Norman Rockwell untuk Beans Reardon," ujar Gene, seperti dilansir Reuters, Senin (21/8).

Menurut Gene, Sandra dan sang kakek, Reardon, sangat dekat dan ia bangga sekali dengan lukisan itu. "Kapanpun ada tamu ke rumah ia (Sandra) selalu menunjukkan lukisan itu dan bercerita tentang kakeknya."

Untuk mengetahui apakah lukisan itu asli atau tidak, Gene setuju keponakannya menghubungi Dallas Heritage demi memastikan lukisan itu asli atau tidak. Setelah dipastikan asli karya Rockwell, lukisan pun dilelang baru-baru ini dan dibeli seorang kolektor yang tak bersedia disebutkan identitasnya seharga USD1,6 juta atau lebih dari Rp2 miliar!

Rockwell, lahir di New York pada 1894 dan meninggal di Massachussetts pada 1978, terkenal dengan karya Empat Kebebasan.(Cathy)

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]