Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | REGULATIONS

Tuesday, March 21, 2017 15:40 WIB

OJK Siapkan Regulasi Instrumen Pasar Modal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyiapkan sejumlah regulasi yang dapat menunjang pengembangan instrumen pasar modal pada tahun ini. Regulasi tersebut antara lain menyangkut aturan penerbitan medium term notes (MTN), sekuritisasi aset dengan underlying future income, dan obligasi tanpa masa pelunasan (perpetual bond).

Regulasi tersebut sudah lama ditunggu para emiten di Bursa Efek Indonesia yang memerlukan skema pendanaan khusus. Sejauh ini ada beberapa perusahaan yang berniat menerbitkan perpetual bond maupun sekuritisasasi aset dengan jaminan pendapatan yang diperoleh pada masa datang, namun masih terkendala karena ketiadaan regulasi.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan, sejauh ini pihaknya masih memproses regulasi instrumen surat utang jangka menengah atau MTN. Dia menjelaskan, ada pertimbangan untuk memberlakukan peringkat kepada korporasi yang berniat menerbitkan MTN.

"MTN ini ’kan biasa diterbitkan kepada pihak tertentu, jadi penerbitannya biasa tidak lewat OJK. Tapi kita lihat nanti, OJK masih dalam tahap kajian, dan kami juga sedang menyiapkan regulasi tentang perpetual bond dan memproses sekuritisasi future income," ungkap Nurhaida di Jakarta, Senin (20/3).

Sejauh ini, perusahaan yang berniat melakukan sekuritisasi future income adalah PT Jasa Marga Tbk (JSMR) [4,950 -75 (-1,5%)]. Namun, menurut Nurhaida, OJK perlu mengkaji lebih lanjut karena underlying yang biasa digunakan untuk sekuritisasi adalah yang bersifat receivable (piutang). Sedangkan underlying dari sekuritisasi Jasa Marga adalah pendapatan di masa depan (future income) yang tidak termasuk receivable.

"Produk sekuritisasi Jasa Marga pasti merupakan EBA (efek beragun aset). Cuma persoalannya belum ada peraturan soal itu, sehingga kami sedang memproses guna melihat bagaimana perhitungan untuk sekuritisasi dengan underlying future income," kata dia. (hg)

http://id.beritasatu.com/home/ojk-siapkan-regulasi-instrumen-pasar-modal/157962

 

 

Sumber : INVESTOR DAILY

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]