Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | DAMPAKKRISISEROPADIINDONESIA

Tuesday, June 05, 2012 15:46 WIB

Krisis, Ekspor CPO Didorong Ke Kawasan Di Luar Eropa

Ipotnews - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mengungkapkan, ekspor crude palm oil (CPO) akan didorong ke kawasan lain, mengantisipasi penurunan nilai ekspor akibat krisis yang melanda Eropa.

"Belum terpengaruh (krisis eropa terhadap tingkat ekspor CPO), tapi kalau ekspor itu (nantinya menurun) iya, tapi bisa ditutup dengan negara tujuan ekspor lain," kata  Direktur Eksekutif GAPKI, Fadhil Hasan dalam konferensi pers tentang tentang Trade Issues Confronting Indonesia Palm Oil Industry, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (5/6).

Tujuan ekspor CPO ke negara-negara selain Eropa, lanjutnya, adalah Rusia, Ukraina, Eropa Timur, Timur Tengah, dan negara-negara emerging market lainnya. Sehingga kalaupun krisis Eropa berkelanjutan dan menunjukkan pengaruh terhadap tingkat ekspor CPO Indonosia, maka masih ada pasar tujuan ekspor yang bisa diandalkan.

Di tempat yang sama, Sekjen GAPKI Joko Supriyono mengatakan krisis Eropa belum berpengaruh terhadap ekspor CPO Indonesia. Hal ini terbukti dari jumlah volume ekspor periode Januari- April 2012 sebanyak 5,3 juta matrik ton untuk produk CPO dan turunannya.

"Dan dibanding tahun lalu periode sama itu hanya 4,5 juta matrik ton. Nah, itu kan berarti naik. Kalau secara nilai nggak tahu karena laporannya untuk nilai agak lambat," kata Joko.(Fitriya)




copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]