Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Wholesale

Friday, January 16, 2015 11:06 WIB

Industri Jamu Diharapkan Tak Hanya Jadi Pajangan

JAKARTA – Sejumlah menteri di kabinet Jokowi-JK kembali melakukan gerakan minum jamu. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya Putri K Wardhani berharap, melalui gerakan ini ke depannya industri jamu di Indonesia tak hanya sekedar jadi pajangan.

"Maka itu, jangan sampai menjadi barang antik yang dimasukkan dalam lemari kaca. Tetapi jadikan sesuatu yang digunakan dan relevan untuk membantu kesehatan dan perawatan kecantikan manusia modern saat ini," tutur Putri di Jakarta,Jumat (16/1/2015).

Terlebih, kata Putri, dalam melestarikan minum jamu ini juga berguna dalam pembangunan karakter bangsa. Sedangkan dari sisi perdagangan, industri kreatif berbasis budaya khususnya jamu dinilai dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekspor nasional.

"Kita mendorong agar industri ini bisa berkembang, karena Indonesia merupakan negara penghasil kedua varietas tanaman herbal," ungkapnya.

Kementerian Perdagangan sebagai pelopor gerakan ini, diharapkan juga dapat mendukung pelestarian dan perdagangan jamu ini ke dunia internasional. Melalui proses penawaran dan memperkenalkan jamu sebagai ujung tombak ekspor Indonesia.

"Seperti Korea yang memasukan K-pop mereka menjadi terkenal di seluruh dunia. Saat ini sendiri industri kreatif Indonesia hanya 0,68 persen dari keseluruhan industri dunia, tertinggal jauh dibanding Malaysia yang 0,98 persen dan Singapura yang 1,69 persen. Padahal kesempatan kita sangat besar dari sumber daya alam yang ada. Saya harap ini bisa terus didorong oleh pemerintah ke depannya," tandasnya.

Adapun, kebersamaan minum jamu pada hari ini dilakukan oleh beberapa Menteri, meliputi Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, serta Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya Putri K Wardhani.
http://economy.okezone.com/read/2015/01/16/320/1093003/industri-jamu-diharapkan-tak-hanya-jadi-pajangan

 

 

 

Sumber : OKEZONE.COM

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]