Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Banking

Friday, November 29, 2013 15:42 WIB

6 Sektor Terpenting bagi Ekonomi Negara Asean

JAKARTA- Dari sekian banyak sektor dalam perekonomian, ada 6 sektor terpenting yang harus dijaga kestabilannya agar perekonomian negara ASEAN tumbuh kuat.
 
Group Chief Executive CIMB Group and Co-Chair of ASEAN Business Club Malaysia Dato Sri Nazir Razak mengatakan, berdasarkan hasil laporan yang dilakukan ASEAN business club keenam sektor tersebut adalah penerbangan, perbankan, pasar modal, kesehatan, konektivitas dan infrastruktur, serta power dan utilities.

"Ada 6 sektor terpenting yang harus dijaga kestabilannya dengan beberapa kebijakan, jika keenam sektor tersebut kuat maka perekonomian negara ASEAN juga kuat pertumbuhannya," ujar dia ketika ditemui dalam acara " Launching Lifting The Barriers Report" di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Jumat (29/11).

Menurutnya semua hambatan dari keenam sektor tersebut harus diatasi secepat mungkin sebelum negara negara ASEAN memasuki fase Asean Economic Community pada 2015.

Nazir mengatakan ada dua tantangan yang dihadapi negara ASEAN, tantangan pertama adalah kondisi perekonomian global yang masih belum pulih dan tantangan kedua negara ASEAN akan menghadapi Asean Economic Community 2015. Menurutnya kedua tantangan tersebut tidak akan menjadi persoalan atau momok yang menakutkan jika semua negara ASEAN bersatu dan mempunyai komitmen bersama untuk meningkatkan perekonomian.

Menurutnya Asean Business Club memberikan beberapa rekomendasi kebijakan khususnya kebijakan untuk meningkatkan perfoma keenam sektor terpenting dalam perekonomian ASEAN, untuk sektor perbankan setiap pelaku perbankan di negara asean harus memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan yaitu dengan memberikan akses kredit yang lebih murah dan tentunya memberikan pelayanan berkualitas.

Dia mengatakan hambatan berupa kredit macet diharapkan tidak boleh terjadi, untuk sektor pasar modal rekomendasi kebijakan yang harus dilakukan adalah meningkatkan transparansi dengan menyederhanakan semua listing requirement dan mewajibkan semua user menggunakan dokumen berbahasa inggris untuk mempermudah transaksi pasar modal disamping itu menyederhanakan tax collection atau pengumpulan pajak bagi investor dan meningkatkan koordinasi dengan para investor.

"Melakukan penyederhanaan kebijakan merupakan salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan pasar modal," ujar dia

Dia mengatakan rekomendasi kebijakan untuk sektor konektivitas dan infrastruktur adalah meningkatkan proyek proyek pembangunan potensial yang berfungsi mengurangi biaya ekonomi, mempermudah perizinan khususnya pembebasan lahan dan memberikan insentif kepada investor pengembang.

Untuk sektor penerbangan, rekomendasi kebijakan yang dibutuhkan adalah meningkatkan akses layanan penerbangan sehingga mendukung aktivitas perekonomian serta menambah jumlah armada pesawat untuk mencegah terjadinya delayed atau penundaan penerbangan.

Dia mengatakan untuk sektor kesehatan setiap negara ASEAN harus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan baik dari dokter maupun tenaga perawat agar tidak terjadi kasus kriminal di sektor kesehatan.

Dia menuturkan untuk sektor power dan utilities meningkatkan sumber pendanaan agar proyek proyek yang dikembangkan bisa terealisasi dengan baik, akses pendanaan bisa dilakukan dengan kerjasama dengan pihak swasta. (Dho/gor)

 

http://www.investor.co.id/macroeconomics/6-sektor-terpenting-bagi-ekonomi-negara-asean/73348

 

 

Sumber : INVESTOR DAILY

RELATED NEWS

OTHER NEWS

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]