Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Industries | Mining

Friday, January 10, 2014 19:16 WIB

97% Pemegang Saham Setuju BUMI Lunasi Utang

JAKARTA - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) [160 -3 (-1,8%)] bakal melunasi utang sebesar USD1,35 miliar kepada China Investment Corporation (CIC) setelah pemegang saham menyetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPLSB).

Head of Investor Relation BUMI [160 -3 (-1,8%)] Ahmad Reza Wijaya mengatakan, sedikitnya 97 persen atau dari 33,33 persen pemegang saham yang hadir menyetujui untuk pelunasan utang.

"Menurut AD/ART kami dan aturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jumlah 33,33 persen pemegang saham yang hadir dalam agenda tersebut sudah dinyatakan kuorum," ucap Reza saat ditemui seusai RUPLSB Bumi Resources, di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (10/1/2013).

Reza menambahkan, sehingga agenda RUPLSB yang pertama sudah disetujui oleh pemegang saham. Kendati demikian, dirinya belum mengetahui kapan pelunasan utang ini dibayarkan.

"Saya enggak tau, tapi ya bulan ini harus selesai, kan seharusnya bulan Desember kemarin tapi gagal," kata Reza.

Lanjut Reza mengungkapkan, RUPLSB untuk agenda kedua dan ketiga akan digelar namun belum mengetahui jadwal pelaksanaannya. Dia menambahkan, setelah ini pihaknya akan melaporkan agenda RUPSLB berikutnya ke OJK.

"Biasanya, RUPSLB bakal digelar setelah 3 Minggu atau 21 hari dari pelaporan. Agenda 2 dan 3 syaratnya untuk bisa kuorum 60 persen pemegang saham harus hadir. Habis ini lapor nanti ke OJK, yang menentukan mereka kapan RUPS," paparnya.

Seperti yang diketahui, RUPLSB tersebut terdiri dalam tiga agenda, antara lain:

1. Persetujuan untuk pengalihan saham-saham milik Perseroan di dalam PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT Bumi Resources Minerals Tbk sebagai bagian dari penyelesaian pelunasan utang perseroan kepada CIC dan pembelian saham-saham milik PT Kutai Timur Sejahtera di KPC oleh perusahaan atau anak perusahaan perseroan yang akan dilaksanakan sesuai dengan peraturan Bapepam-LK No. IX.E.2.

2. Persetujuan untuk menjaminkan atau mengangunkan dan mengalihkan sebagian besar harta kekayaan perseroan.

3. Perubahan struktur modal saham perseroan dan perubahan serta penegasan seluruh anggaran dasar perseroan.

Sebelumnya, BUMI [160 -3 (-1,8%)] menyatakan akan membayar utang kepada China Investment Corporation (CIC) sebesar USD1,35 miliar di akhir 2013 lewat beberapa mekanisme. Adapun total utang perusahaan milik Bakrie ini, mencapai USD1,78 miliar.

http://economy.okezone.com/read/2014/01/10/278/924771/97-pemegang-saham-setuju-bumi-lunasi-utang

 

 

Sumber : OKEZONE.COM

RELATED NEWS

OTHER NEWS

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]