Bursa Ekuitas Eropa Melesat di Tengah Harapan Jeda Kenaikan Suku Bunga
Friday, February 03, 2023       03:47 WIB

Ipotnews - Bursa ekuitas Eropa melesat, Kamis, karena pesan  hawkish  dari Bank Sentral Eropa (ECB) gagal meredam harapan investor untuk siklus kenaikan suku bunga global yang hampir berakhir.
Indeks pan-Eropa Stoxx 600 ditutup melambung 1,35% atau 6,11 poin menjadi 459,20, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Kamis (2/2) atau Jumat (3/2) dini hari WIB.
ECB menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin, Kamis, dan secara eksplisit mengisyaratkan setidaknya satu kenaikan lagi dengan besaran yang sama bulan depan setelah itu akan mengevaluasi jalur kebijakan moneter selanjutnya.
ECB memberikan catatan yang lebih  hawkish  dibandingkan komentar Federal Reserve dan Bank of England yang sebagian besar dianggap  dovish. 
Namun, analis menunjukkan komentar ECB tidak memberikan kejutan  hawkish  baru dan investor masih berharap siklus kenaikan tersebut akan segera berakhir, bahkan setelah Presiden Christine Lagarde menolak narasi itu.
"Bahkan dengan upaya (oleh ECB) yang sangat  hawkish  dan kuat dalam tekad mereka, pasar masih belum sepenuhnya menerimanya," kata Craig Erlam, analis OANDA.
"Tampaknya investor bertekad bahwa inflasi akan terus turun secara signifikan dan berkelanjutan yang akan memungkinkan bank sentral untuk tidak mengejar siklus pengetatan yang agresif seperti yang mereka ingin saat ini agar pasar mempercayainya."
Rabu, the Fed menyampaikan kenaikan suku bunga 25 basis poin yang diprediksi secara luas dan kendati bank sentral AS itu memproyeksikan pengetatan lebih lanjut tahun ini, investor mengambil isyarat  dovish  dari pernyataan Chairman Jerome Powell, yang berulang kali merujuk pada "disinflasi."
Bank of England juga memberi isyarat bahwa gelombang sedang berbalik dalam pertempuran Inggris melawan inflasi yang tinggi.
Komentar tersebut merupakan dorongan besar bagi pasar ekuitas, yang menguat tahun ini setelah terpukul pada 2022 oleh kenaikan suku bunga yang agresif.
Indeks blue-chip FTSE 100 London ditutup naik 0,76% atau 59,05 poin menjadi 7.820,16, sementara DAX Jerman melambung 2,16% atau 328,45 poin menjadi 15.509,19, sedangkan CAC Prancis melesat 1,26% atau 89,16 poin menjadi 7.166,27.
Saham real estat yang sensitif terhadap suku bunga menjadi  top gainer  di Stoxx 600 pada sesi Kamis, melejit 6,8%, sementara saham teknologi mencapai level tertinggi sejak Maret.
Perbankan, yang marginnya biasanya mendapat keuntungan dari kenaikan suku bunga, jatuh dari level tertinggi hampir satu tahun yang disentuh di awal sesi dan terakhir turun 0,7%.
Di antara perusahaan yang melaporkan kinerjanya, pemasok Microchip, Infineon, melesat 8,0% setelah menaikkan perkiraan margin laba setahun penuh.
Produsen perangkat lunak Prancis, Dassault Systemes, meroket 12,4% didorong perkiraan pertumbuhan pendapatan 2023 yang kuat, sementara Santander dari Spanyol melejit 5,7% setelah melaporkan pertumbuhan tahunan laba bersih kuartal keempat sebesar 1%. (ef)

Sumber : Admin