Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | Markets | Bonds

Tuesday, October 08, 2013 12:31 WIB

BI Pastikan Cadangan Devisa Bertambah US$2,7 Miliar

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengumumkan jumlah cadangan devisa pada akhir September 2013 sebesar US$95,7 miliar, atau meningkat dari posisi akhir Agustus 2013 sebesar US$93,0 miliar.

Dalam siaran pers di laman BI pada Selasa (8/10), disebutkan posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Jika hanya dibandingkan dengan impor, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,4 bulan impor.

Naiknya jumlah cadangan devisa tersebut tidak terlepas dari langkah-langkah penguatan bauran kebijakan BI untuk menjaga kestabilan nilai tukar rupiah dan koordinasi kebijakan dengan pemerintah untuk menurunkan defisit transaksi berjalan.

Keyakinan pasar valuta asing domestik semakin kuat dengan penawaran dan permintaan valas yang semakin aktif dan berimbang dalam membentuk pergerakan nilai tukar rupiah.

Selain itu, kenaikan cadangan devisa didukung oleh langkah pemerintah menerbitkan obligasi syariah negara dalam valuta asing sebagai salah satu sumber pembiayaan defisit fiskal. (Antara)

 

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/10/08/2/186850/BI-Pastikan-Cadangan-Devisa-Bertambah-US27-Miliar

 

 

Sumber : METRONEWS.COM

RELATED NEWS

OTHER NEWS

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]