Home | News & Opinion | Market Data  
News & Opinions | MANUFACTURE

Friday, October 04, 2013 10:45 WIB

100 Bus Biodiesel di KTT APEC Sumbangan Pertamina

Kegiatan KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali dilengkapi 100 bus berbahan bakar biodiesel. Bus berkapasitas 20 tempat duduk ini disediakan oleh PT Pertamina.

Ketua APEC Business Advisory Council (ABAC) Wisnu Wardhana mengatakan, bus tersebut akan menjadi transportasi umum bagi para peserta dan delegasi APEC 2013 di Bali.

"Dalam acara APEC CEO Summit ini, kita menggunakan biofuel yang disuplai Bu Karen (Direktur Pertamina), ada sekitar 100 bus. Ini menunjukkan Indonesia comitted, dan memiliki competitive advantage dalam perekebunan kita," kata Wisnu saat meluncurkan bus berbahan bakar minyak nabati di Westin Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (4/10/2013).

Sementara itu, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, peristiwa ini akan menjadi titik tolak industri mobil ramah lingkungan di Indonesia, yang tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

"Dan ini akan memberikan dampak pada pengurangan impor BBM, dan kami ingin mendorong industri untuk biodiesel sebagai pengganti BBM," katanya.

Hidayat berharap, dalam waktu yang tidak lama, Indonesia bisa mengembangkan industri otomotif ramah lingkungan, agar bisa mennyelamatkan devisa negara dari ketergantungan akan impor BBM.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama Indonesia dapat menyelamatkan ini. Kita bisa hemat devisa, dan menggerakan industri kita ke arah yang benar. Mudah-mudahan ini menjadi momen untuk menggerakan langkah yang strategis ini," katanya.



Sumber: detikcom

RELATED NEWS

copyright 2011 IPOTNEWS.com [Full Site]