Powell Terlihat Dovish, Emas Sentuh Level Tertinggi Sejak April
Thursday, February 02, 2023       14:47 WIB

Ipotnews - Harga emas memperpanjang kenaikan, Kamis, untuk menyentuh level tertinggi dalam lebih dari sembilan bulan setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin, sesuai ekspektasi, dan komentar Chairman Jerome Powell dibaca sebagai  dovish  oleh pasar.
Harga emas di pasar spot menguat 0,3% menjadi USD1.955,72 per ons pada pukul 14.08 WIB, setelah mencapai level tertinggi sejak April 2022 di awal sesi, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Kamis (2/2).
Sementara, emas berjangka Amerika Serikat melonjak 1,3% menjadi USD1.956,20 per ons.
The Fed mengumumkan kenaikan suku bunga seperempat poin persentase, Rabu, setelah satu tahun kenaikan yang lebih besar. Namun, Powell memperingatkan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut sambil mencatat kemajuan disinflasi, yang menurutnya masih dalam tahap awal.
"Meski Powell mengatakan kenaikan suku bunga mungkin berlanjut, pasar memperkirakan the Fed tidak akan drastis lagi, yang mendukung emas. Namun, kita akan segera melihat beberapa aksi ambil keuntungan dan emas terus menghadapi resistance di level USD1.960," kata Brian Lan, Managing Director GoldSilver Central yang berbasis di Singapura.
"Ke depan, trader akan fokus pada data ekonomi dan komentar pejabat the Fed untuk arahan lebih lanjut.
Emas cenderung menguntungkan dalam lingkungan suku bunga yang lebih rendah, karena mengurangi  opportunity cost  memegang logam kuning yang tidak memberikan imbal hasil.
"Jika ada lebih banyak tanda-tanda perlambatan ekonomi Amerika dan the Fed terus menurunkan suku bunga, permintaan investor untuk emas akan meningkat," kata Caesar Bryan, Manajer Portofolio Gabelli Gold Fund.
Sementara itu, Bank of England dan Bank Sentral Eropa diperkirakan menaikkan suku bunga sebesar 50 bp dalam pengumuman kebijakan hari ini.
Indeks Dolar (Indeks DXY) turun 0,3%. Depresiasi  greenback  membuat emas yang dihargakan dalam dolar lebih menarik bagi pembeli yang memegang mata uang lain.
Di tempat lainnya, perak spot naik 0,7% menjadi USD24,1461 per ons, mencapai level tertinggi satu minggu. Platinum bertambah 0,7% menjadi USD1.010,55 per ons dan paladium meningkat 0,2% menjadi USD1.672,55. (ef)

Sumber : Admin