Outlook Ekonomi Membaik, Bursa Eropa Menghijau Dimotori Saham Teknologi
Tuesday, January 24, 2023       03:37 WIB

Ipotnews - Saham Eropa menguat, Senin, dengan perusahaan teknologi memimpin kenaikan, karena optimisme tentang ekonomi zona euro kemungkinan menghindari resesi tajam dibayangi pernyataan  hawkish  dari pejabat Bank Sentral Eropa (ECB).
Indeks pan-Eropa Stoxx 600 ditutup naik 0,52% atau 2,37 poin menjadi 454,49, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Senin (23/1) atau Selasa (24/1) dini hari WIB.
Indeks tersebut membukukan penurunan mingguan pertama tahun ini pada sesi sebelumnya di tengah kegelisahan seputar musim laporan keuangan dan keputusan suku bunga yang akan datang dari bank sentral utama, termasuk Bank Sentral Eropa.
Sektor teknologi melonjak 2,3%, sejalan dengan mitranya di Amerika Serikat, didorong saham perusahaan semikonduktor seperti ASML Holding dan Infineon Technologies.
Indeks Stoxx 600 mencapai level tertinggi sembilan bulan minggu lalu karena musim dingin yang hangat di Eropa dan China yang meninggalkan aturan ketat Covid-19 mencerahkan prospek ekonomi Eropa.
"Pembukaan kembali China sangat penting. Sekarang sepertinya kita dapat menghindari resesi dan jika tidak, tampaknya akan terjadi pelambatan ringan daripada yang lebih buruk dan banyak yang berkaitan dengan potensi pertumbuhan di China," kata James Hart, Direktur Witan Investment Trust.
"Jika resesi dihindari, permintaan untuk produk seperti mobil Jerman tidak akan menjadi negatif seperti yang dikhawatirkan dan perusahaan seperti itu adalah pelanggan besar industri pembuat chip."
Sementara, bursa regional utama juga menghijau. Di Jerman, Indeks DAX meningkat 0,46% atau 69,39 poin menjadi 15.102,95, FTSE 100 Inggris menguat 0,18% atau 14,08 poin menjadi 7.784,67, CAC Prancis bertambah 0,52% atau 36,03 poin menjadi 7.032,02.
Perusahaan barang mewah yang terpapar China, seperti LVMH dan Kering, naik antara 0,8% dan 1,7% sementara perbankan zona euro yang sensitif terhadap suku bunga bertambah 0,8%.
Meski ada tanda-tanda penurunan inflasi di zona euro, pembuat kebijakan ECB tetap  hawkish , dengan anggota dewan Klaas Knot dan Peter Kazimir mendukung kasus untuk dua kali kenaikan suku bunga 50 basis poin lagi.
Investor akan mencermati lebih banyak petunjuk tentang rencana pengetatan bank sentral ketika Presiden ECB Christine Lagarde berbicara hari ini
Dengan musim laporan keuangan yang sedang berlangsung, investor menunggu apakah hasilnya akan terus mendukung reli baru-baru ini di pasar.
Laba kuartal keempat untuk perusahaan Stoxx 600 diperkirakan tumbuh 10,7% tahun-ke-tahun, paling lambat dalam dua tahun, menurut data Refinitiv I/B/E/S.
Survei Purchasing Managers' Index (PMI) S&P Global (PMI), yang dijadwalkan Selasa, diprediksi menunjukkan peningkatan dalam aktivitas bisnis zona euro periode Januari.
Keyakinan konsumen zona euro meningkat pada Januari dari Desember, menurut data yang dirilis Senin.
Membatasi kenaikan pada indeks DAX, Symrise anjlok 5,5% setelah pembuat wewangian Jerman itu melaporkan margin EBITDA yang lebih rendah dari perkiraan untuk 2022.
Remy Cointreau melesat 3,3% setelah Citigroup meng- upgrade  saham pembuat minuman beralkohol Prancis itu menjadi "buy". (ef)

Sumber : Admin