Dolar Meroket ke Posisi Tertinggi Dua Bulan, Logam Kuning Tertekan
Thursday, May 25, 2023       13:05 WIB

Ipotnews - Harga emas melemah, Kamis, karena dolar melesat ke level tertinggi lebih dari dua bulan dan meredam permintaan untuk logam yang dihargakan dalam greenback itu, sementara investor menunggu perkembangan lebih lanjut terkait negosiasi plafon utang yang berlarut-larut di Washington.
Harga emas di pasar spot turun tipis 0,06% menjadi USD1.955,92 per ons pada pukul 12.51 WIB, sementara emas berjangka Amerika Serikat berkurang 0,38% menjadi USD1.975,60, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Kamis (25/5).
Rival safe-haven, dolar, melejit ke level tertinggi sejak pertengahan Maret, membuat emas kurang menarik bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.
"Emas berusaha untuk pulih dari aksi jual sebelumnya, tetapi dolar yang lebih kuat dan imbal hasil US Treasury yang lebih tinggi terus menghambat kenaikan, yang tampaknya mengesampingkan aliran safe-haven seputar situasi plafon utang Amerika," kata Yeap Jun Rong, analis IG.
Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, Rabu, mempertahankan awal Juni sebagai tenggat waktu gagal bayar plafon utang dan mengatakan dia akan segera memberikan update kepada Kongres tentang keuangan pemerintah.
Negosiator untuk Presiden Demokrat Joe Biden dan Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy menggelar pertemuan, Rabu, yang dikatakan kedua belah pihak sebagai pembicaraan produktif, untuk mencoba mencapai kesepakatan guna meningkatkan plafon utang Amerika Serikat sebesar USD31,4 triliun dan menghindari gagal bayar.
Investor juga mencermati risalah pertemuan Federal Reserve 2-3 Mei yang menunjukkan pembuat kebijakan "secara umum setuju" bahwa perlunya menaikkan suku bunga lebih lanjut "menjadi kurang pasti," dengan beberapa mengatakan kenaikan seperempat poin persentase yang mereka setujui mungkin yang terakhir.
Investor juga akan menelaah perkiraan PDB dan klaim pengangguran Amerika yang akan dirilis pukul 19.30 WIB untuk panduan tentang kesehatan ekonomi.
Perak spot turun 0,2% menjadi USD23,03 per ons, platinum melemah 0,3% menjadi USD1.021,23, paladium 0,1% lebih rendah menjadi USD1.413,96. (ef)

Sumber : Admin