Dolar Menggeliat, Emas di Jalur Penurunan Mingguan Terbesar Sejak November
Friday, February 03, 2023       14:40 WIB

Ipotnews - Harga emas relatif stabil, Jumat, setelah aksi jual tajam di sesi sebelumnya, karena trader mencerna pernyataan kenaikan suku bunga dari bank sentral global, meski apresiasi dolar menempatkan logam kuning itu di jalur penurunan mingguan pertama dalam tujuh pekan.
Harga emas di pasar spot naik 0,2% menjadi USD1.915,89 per ons pada pukul 13.52 WIB, setelah anjlok 2% pada sesi Kamis terseret penguatan dolar dan aksi ambil untung. Emas turun 0,6% sejauh pekan ini, demikian laporan  Reuters,  di   Bengaluru, Jumat (3/2).
Sementara, emas berjangka Amerika Serikat sedikit berubah di posisi USD1.915,20 per ons.
"Dengan harga emas membukukan kinerja luar biasa lebih dari 20% selama tiga bulan terakhir, pemosisian untuk spekulasi kenaikan suku bunga yang lebih lunak mungkin sudah dimainkan dan menemukan validasi yang sangat dibutuhkan dari pertemuan FOMC baru-baru ini," kata Yeap Jun Rong, analis IG.
Beberapa aksi ambil untung jangka pendek mungkin terjadi, "tetapi untuk harga emas, keyakinan yang lebih besar bagi penjual bisa menjadi penembusan di bawah level USD1.895, di mana  dip-buyer  terlihat melangkah pekan ini tepat sebelum pertemuan tersebut," ucap Yeap.
Emas naik sekitar USD300 sejak November di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga yang lebih lembut dari the Fed, karena lingkungan suku bunga yang lebih rendah mengurangi  opportunity cost  memegang logam kuning yang tidak memberikan imbal hasil.
Menyusul kenaikan suku bunga the Fed sebesar 25 basis poin, Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris menaikkan suku bunga masing-masing sebesar 50 bp, sesuai ekspektasi, Kamis.
Bank sentral global sekarang meletakkan dasar untuk jeda yang, meski belum dijanjikan, akan mulai terlihat akhir tahun ini.
Dolar AS, sementara itu, naik 0,1%, menghambat kenaikan harga emas.
Di sisi data, investor sekarang menunggu non-farm payrolls Amerika yang akan dirilis hari ini.
Di tempat lainnya, harga perak di pasar spot naik 0,2% menjadi USD23,502 per ons, platinum bertambah 0,5% menjadi USD1.026,17, dan paladium melesat 1,2% menjadi USD1.674,17. (ef)

Sumber : Admin