Dolar Melejit, Logam Kuning Sentuh Level Terendah Empat Pekan
Monday, February 06, 2023       08:45 WIB

Ipotnews - Harga emas mencapai level terendah lebih dari empat pekan, Senin, karena dolar AS melesat setelah data ketenagakerjaan yang lebih kuat dari perkiraan mengipasi kekhawatiran bahwa Federal Reserve mungkin akan terus menaikkan suku bunga.
Harga emas di pasar spot sedikit berubah menjadi USD1.865,88 per ons, pada pukul 07.45 WIB, setelah menyentuh level terendah sejak 6 Januari di awal sesi, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Senin (6/2).
Sementara itu, emas berjangka Amerika Serikat naik 0,2% menjadi USD1.879,40 per ons.
Indeks Dolar (Indeks DXY) menguat 0,2%, membuat emas kurang menarik bagi pembeli yang memegang mata uang lain.
Data yang dirilis Jumat menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja Amerika meningkat tajam bulan lalu, dengan nonfarm payrolls melonjak 517.000 pekerjaan - jauh di atas perkiraan 185.000. Tingkat pengangguran mencapai 3,4%, level terendah lebih dari 53,5 tahun.
Trader suku bunga berjangka langsung bergerak setelah laporan ketenagakerjaan Jumat, untuk memperkirakan kenaikan suku bunga lebih lanjut pada Mei, yang akan membawa suku bunga ke kisaran 5%-5,25%, dan sekarang memprediksi penurunan suku bunga Fed akhirnya akan dimulai pada pertemuan November dibandingkan September sebelumnya.
Suku bunga yang tinggi biasanya meredupkan daya tarik logam kuning karena diterjemahkan meningkatkan  opportunity cost  untuk memegang aset tersebut yang tidak membayar imbal hasil.
Data Jumat juga menunjukkan aktivitas industri jasa Amerika pulih dengan kuat pada Januari, dengan pesanan baru menggeliat kembali dan harga yang dibayarkan oleh bisnis untuk material terus meningkat dengan kecepatan moderat.
Permintaan emas fisik di India naik minggu lalu, karena toko perhiasan melanjutkan pembelian setelah menjauh selama beberapa minggu dengan harapan pemotongan bea masuk dalam APBN di tengah musim pernikahan.
Harga perak di pasar spot turun 0,5% menjadi USD22,24 per ons, platinum melemah 0,1% menjadi USD973,04 dan paladium berkurang 0,5% menjadi USD1.616,54. (ef)

Sumber : Admin