Journalism Database & Technology  
 
 
News & Opinions | transportation

Monday, November 19, 2012       15:18 WIB
Pengurusan Izin di Dirjen Perla Kini Satu Atap


Dahlan Iskan
Ipotnews - Menteri Perhubungan EE Mangindaan meresmikan pelayanan satu atap untuk pengurusan izin di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Perla). Tujuannya untuk pelayanan yang maksimal, transparan, akuntabel, dan bebas KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme).

"Pelayanan satu atap ini merupakan komitmen dari pemerintah dalam mempermudah masyarakat mengurus perizinan khususnya dalam bidang kelautan," ujar Mangindaan saat ditemui di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (19/11).

Mangindaan meminta informasi berkas-berkas yang dilengkapi untuk mengurus perizinan harus terpampang sehingga masyarakat mengetahui dan tidak perlu bolak-balik untuk mengurus perizinan. "Untuk waktu selesai pengurusan juga harus terpampang sehingga masyarakat bisa mengetahui kapan perizinan akan selesai, jika 14 hari ya 14 hari, bahkan syukur-syukur dapat selesai sebelum itu."

Menurut Mangindaan, pelayanan satu atap dapat mengurangi pertemuan antara petugas dengan masyarakat yang mengurus perizinan sehingga mengurangi kesempatan KKN. "Saya juga mengharapkan agar pembayaran tidak dilakukan secara tunai tapi melalui transaksi perbankan seperti transfer, e-payment, dan kartu kredit."

Mangindaan berencana membuka proses perizinan satu atap untuk Direktorat Jenderal lainnya seperti Perhubungan Udara, Perhubungan Darat, dan Kereta Api. "Untuk Direktorat ataupun dari dirjen lain kami sudah ajukan tahun ini, diharapkan tahun depan dapat terealisasi," ujarnya.(Roni)




 





loading.. loading.. loading..