Journalism Database & Technology  
 
 
News & Opinions | KOMODITAS

Tuesday, March 21, 2017       05:46 WIB
Pengeboran Amerika Bangkit Lagi, Harga Minyak Dunia Tertekan

Ipotnews - Harga minyak mentah dunia jatuh pada perdagangan Senin, setelah kenaikan jumlah rig pengeboran Amerika Serikat memicu kekhawatiran pasar bahwa kelebihan pasokan global bertahan cukup lama.

Patokan Amerika, minyak light sweet atau West Texas Intermediate, untuk kontrak pengiriman April, menyusut 56 sen menjadi ditutup pada level US$48,22 per barel di New York Mercantile Exchange, demikian laporan Xinhua, Selasa (21/3) dini hari WIB.

Sementara itu, minyak mentah Brent untuk kontrak penyerahan Mei--patokan Eropa dan internasional--berkurang 14 sen menjadi US$51,62 per barel di London ICE Futures Exchange.

Menurut data perusahaan jasa ladang perminyakan Baker Hughes, Jumat, rig Amerika yang diklasifikasikan sebagai pengeboran minyak naik 14 unit pada pekan lalu dari minggu sebelumnya menjadi 631, tingkat tertinggi sejak September 2015.

Sejumlah analis mengatakan harga minyak berada di bawah tekanan karena meningkatnya output yang juga membebani pengurangan produksi yang disepakati Organisasi Negara Eksportir Minyak dan sekutunya, akhir tahun lalu. (ef)


 





loading.. loading.. loading..