Journalism Database & Technology  
 
 
News & Opinions | economy

Friday, July 20, 2012       18:50 WIB
Menkeu Ragu Pembayaran Dana Pensiun Sekaligus Bisa Diterapkan

Ipotnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku ragu untuk menerapkan pembayaran dana pensiun peawai negeri secara sekaligus, sebagaimana diatur dalam PMK No. 50/PMK.010/2012.

"PMK nomor 50 yang mengatur tentang pensiun dibayar sekaligus, saya kok tidak yakin (bisa dilakukan). Memang sistem pensiun di Indonesia harus ditingkatkan, khususnya jika kita menyoroti sistem pensiun di pegawai negeri sipil, TNI, dan Polri," kata Agus, di kantornya, Jakarta, Jumat (20/7).

Agus mengatakan, sekarang ini sistem pensiun pegawai negeri menganut prinsip define benefit, dimana benefit baru diberikan setelah pegawai pensiun dan diberikan per bulan hingga penerima meninggal dunia.

"Sistem ini sedang kita kaji untuk bisa kita tingkatkan, dalam arti juga kita lakukan perbaikan, sehingga ke depan bisa lebih baik.  Salah satu alternatifnya adalah kita akan mengubah ini menjadi define contribution (dibayarkan langsung saat pensiun), bukan define benefit," ujarnya.

Agus menambahkan, sekarang ini pembayaran pensiun pegawai negeri sipil umum dengan sistem pembayaran bulanan yang sumber dananya dari APBN (pay as you go). "Jadi tidak dikelola oleh dana pensiun, tetapi dibayarkan pada tahun berjalan pada saat kewajiban itu jatuh tempo," jelasnya.

"Nah, kalau seandainya memungkinkan kita membayar sekaligus. Tentu itu bukan yang kita utamakan. Saya cek lagi isi PMK itu," tandasnya. (Fitriya)


 





loading.. loading.. loading..