Journalism Database & Technology  
 
 
News & Opinions | industries | infrastructure

Wednesday, September 13, 2017       19:54 WIB
Level Kecepatan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Masih Dalam Kajian


(Bisnis Indonesia)
Ipotnews - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan rencana pembangunan kereta semi cepat Jakarta - Surabaya masih dalam pembahasan. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Japan International Cooperation Agency (JICA) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih melakukan kajian.

Dia mengaku pemerintah masih ragu untuk menentukan konsep rencana pembangunan kereta semi cepat terkait dengan kecepatan laju kereta api. Sebab seluruhnya terkait dengan konsekuensi besaran investasi yang dibutuhkan ketika memutuskan kecepatan kereta api.

"Terus terang masih lihat apa kita mau ambil opsi dulu dimana menggunaka 160km per jam, atau kita mau KA yang 200km per jam. Kalau 200 km, harus bangun underpass 900-1.000 perlintasan," kata Luhut saat ngobrol bareng dengan awak media di kantornya,  Rabu (13/9) petang.

Agar proyek ini segera berjalan, Luhut mengaku akan menyerahkan keputusannya kepada Presiden. Nantinya kementerian dan lembaga terkait serta BUMN yang ditunjuk untuk mengurus proyek ini akan mengikuti keputusan Presiden.

"Besok kami akan rapat dengan Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi), setelah itu kita akan melaporkan pilihannya ke Presiden. Kita belum putus mengenai ini," pungkasnya. (Marjudin)


 





loading.. loading.. loading..