Journalism Database & Technology  
 
 
News & Opinions | CORPORATEACTION

Monday, March 20, 2017       17:14 WIB
Hasil RUPS Maret 2017 WIKA

Hasil Rapat Umum Para Pemegang Saham Tahunan

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) [2,000 -20 (-1,0%)]

RUPS Tahunan

Rapat Umum Pemegang Saham Telah memenuhi korum karena dihadiri oleh pemegang saham yang mewakili 6.815.329.595 saham atau 76,03 % dari seluruh saham dengan hak suara yang sah yang telah dikeluarkan oleh Perseroan, sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan.

Hasil RUPS Tahunan:

1. Rapat dengan suara terbanyak 100% dari seluruh jumlah suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
Menyetujui Laporan Tahunan Tahun Buku 2016 termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris serta mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan untuk Tahun Buku 2016 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Soejatna, Mulyana & Rekan sebagaimana dimuat dalam laporannya Nomor : 011/SMR/LAI-WIKA/II/2017 tanggal 21 Februari 2017, serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan dalam Tahun Buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016 sepanjang tindakan tersebut bukan merupakan tindak pidana dan tercermin dalam buku-buku laporan Perseroan.

2.Rapat dengan suara terbanyak 100% dari seluruh jumlah suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
Mengesahkan Laporan Tahunan PKBL Tahun Buku 2016 termasuk Laporan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Soejatna, Mulyana & Rekan sesuai laporannya Nomor : 011/SMR/LAI-PKBL-WIKA/II/2017 tanggal 21 Februari 2017 serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan PKBL Tahun Buku 2016, sepanjang tindakan tersebut bukan merupakan tindak pidana dan tercermin di dalam laporan tersebut.

3.Rapat dengan suara terbanyak 99,94% dari seluruh jumlah suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
Menyetujui penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk Tahun Buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016 sebesar Rp1.011.827.718.000 (Satu Triliun Sebelas Miliar Delapan Ratus Dua Puluh Tujuh Juta Tujuh Ratus Delapan Belas Ribu Rupiah) sebagai berikut :
1. Sebesar 30% atau senilai Rp303.548.348.024,- (tiga ratus tiga miliar lima ratus empat puluh delapan juta tiga ratus empat puluh delapan ribu dua puluh empat Rupiah) atau Rp 33,8633 (tiga puluh tiga koma delapan enam tiga tiga Rupiah) per saham ditetapkan sebagai Dividen Tunai;
2. Sebesar 10% atau senilai Rp101.182.771.800,- (seratus satu miliar seratus delapan puluh dua juta tujuh ratus tujuh puluh satu ribu delapan ratus Rupiah)  ditetapkan sebagai Cadangan Wajib;
3. Sebesar 60% atau senilai Rp607.096.598.176,- (enam ratus tujuh miliar sembilan puluh enam juta lima ratus sembilan puluh delapan ribu seratus tujuh puluh enam Rupiah) ditetapkan sebagai Cadangan yang Belum Ditentukan Penggunaannya;
Memberikan wewenang dan kuasa kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk mengatur lebih lanjut pelaksanaan pembagian dividen Tahun Buku 2016 sesuai dengan ketentuan yang berlaku termasuk melakukan pembulatan ke atas pembayaran dividen per saham.

4.Rapat dengan suara terbanyak 99,49% dari seluruh jumlah suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan menyetujui:
Menyetujui untuk melimpahkan kewenangan RUPS sebagaimana diatur dalam Pasal 11 ayat 2 huruf c Anggaran Dasar Perseroan yang menyatakan bahwa Dalam RUPS Tahunan, dilakukan penunjukan Akuntan Publik yang memeriksa buku perseroan berdasarkan usulan dari Dewan Komisaris, kepada Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menunjuk Akuntan Publik yang memeriksa Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan dan Laporan Tahunan Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Perseroan Tahun Buku 2017 termasuk menetapkan Akuntan Publik Pengganti dalam hal Akuntan Publik yang telah ditunjuk dan ditetapkan tersebut karena sebab apapun tidak dapat menyelesaikan audit Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan dan Laporan Tahunan Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Perseroan Tahun Buku 2017, berdasarkan usulan dari Dewan Komisaris.

5.Rapat dengan suara terbanyak 99,94% dari seluruh jumlah suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan menyetujui:
1. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besarnya tantiem untuk Tahun Buku 2016, serta menetapkan honorarium, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi anggota Dewan Komisaris untuk Tahun Buku 2017; dan
Memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis dari Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besarnya tantiem untuk tahun buku 2016, serta menetapkan gaji, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi Direksi untuk tahun 2017.

6.Rapat dengan suara terbanyak 100% dari seluruh jumlah suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
Mengesahkan Laporan Realisasi Penggunaan Tambahan Dana Penyertaan Modal Negara Tahun Buku 2016 dan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum melalui Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I Perusahaan Perseroan (Persero) PT Wijaya Karya Tbk untuk periode Tahun Buku 2016.

7.Rapat dengan suara terbanyak 100% dari seluruh jumlah suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
Menyetujui pengukuhan atau ratifikasi Peraturan Menteri BUMN:
a. Nomor: PER-03/MBU/2012 tentang Pedoman Pengangkatan Anggota Direksi dan Anggota Dewan Komisaris Anak Perusahaan Badan Usaha Milik Negara;

b. Nomor: PER-11/MBU/09/2015 tentang Perubahan Peraturan Menteri
BUMN No. PER-08/MBU/06/2015 tentang Pedoman Pelaporan Realisasi Penggunaan Tambahan Dana Penyertaan Modal Negara kepada BUMN dan Perseroan Terbatas;

c. Nomor: PER-02/MBU/06/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri BUMN No. PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN;

d. Nomor: PER-03/MBU/12/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri BUMN No. PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan BUMN. dan perubahannya di kemudian hari.

8.Rapat dengan suara terbanyak 95,37% dari seluruh jumlah suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan:
a. Menyetujui perubahan dan/atau penyesuaian standarisasi Anggaran Dasar BUMN Terbuka dengan cara menyusun kembali seluruh Anggaran Dasar Perseroan, sesuai Surat Menteri Badan Usaha Milik Negara Selaku Pemegang Saham Seri A Dwiwarna;
b. Memberikan kuasa dan wewenang kepada Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk melakukan perubahan dan/atau perbaikan terhadap ketentuan Anggaran Dasar Perseroan sebagaimana dimaksud dalam hal terdapat perubahan dan/atau perbaikan terhadap ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan oleh Instansi yang berwenang termasuk Instansi yang terkait dengan perusahaan publik dan/atau Pemegang Saham Seri A Dwiwarna;
c. Menyetujui pemberian kuasa kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk menyatakan perubahan dan/atau penyesuaian Anggaran Dasar tersebut ke Akta Notaris dan selanjutnya mengajukan persetujuan dan pelaporan serta pemberitahuan perubahan Anggaran Dasar Perseroan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dan/atau Instansi yang berwenang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

9.Rapat dengan suara terbanyak 95,37% dari seluruh jumlah suara yang dikeluarkan dalam Rapat memutuskan menyetujui:
1. Memberhentikan dengan hormat nama-nama di bawah ini sebagai pengurus Perseroan :
a. Sdr Mudjiadi sebagai Komisaris Utama
b. Sdr Gandira Gutawa sebagai Direktur
c. Sdr I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra sebagai Direktur
terhitung sejak ditutupnya Rapat ini, dengan ucapan terimakasih atas sumbangan tenaga dan pikiran yang diberikan oleh yang bersangkutan selama menjabat sebagai Anggota Dewan Komisaris dan Anggota Direksi Perseroan.
2. Merubah Nomenklatur Jabatan Direksi

Apabila selanjutnya akan dilakukan perubahan nomenklatur dan pengalihan tugas Anggota Direksi sehubungan dengan perubahan nomenklatur tersebut, ditetapkan oleh Direksi setelah mendapatkan persetujuan Pemegang Saham Seri A Dwiwarna.
3. Mengangkat nama-nama tersebut di bawah ini sebagai Pengurus Perseroan :
a. Sdr Imam Santoso  sebagai Komisaris Utama
b. Sdr Novel Arsyad sebagai Direktur Human Capital dan Pengembangan Sistem
c. Sdr Candra Dwiputra sebagai Direktur Operasi I
Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris dan Anggota Direksi tersebut berlaku efektif sejak ditutupnya RUPS ini dan berakhir sampai dengan ditutupnya RUPS Tahunan yang ke-5 sejak pengangkatan yang bersangkutan dan paling lama 5 tahun, dengan memperhatikan perutan perundang-undangan di bidang Pasar Modal dan tanpa mengurangi hak RUPS untuk memberhentikan sewaktu-waktu.
4. Mengalihkan penugasan Anggota Direksi

Masa jabatan masing-masing Anggota Direksi meneruskan sisa masa jabatan sesuai dengan Keputusan RUPS pada saat pengangkatannya.
5. Dengan adanya pemberhentian dan pengangkatan Anggota Dewan Komisaris, serta pemberhentian, pengangkatan, perubahan nomenklatur, dan pengalihan tugas Anggota Direksi tersebut, maka susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan adalah sebagai berikut :
Direktur Utama : Bintang Perbowo
Direktur Keuangan : Antonius N.S. Kosasih
Direktur Operasi I : Chandra Dwiputra
Direktur Operasi II : Bambang Pramujo
Direktur Operasi III : Destiawan Soewardjono
Direktur Human Capital dan : Novel Arsyad
Pengembangan Sistem

Komisaris Utama : Imam Santoso
Komisaris : Liliek Mayasari
Komisaris : Freddy Saragih
Komisaris : Eddy Kristanto
Komisaris Independen : Nurrachman
Komisaris Independen : Imas Aan Ubudiah
6. Memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan berkaitan dengan keputusan agenda ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk untuk menyatakan dalam Akta Notaris tersendiri dan memberitahukan susunan Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan kepada Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

 

Sumber : IPS RESEARCH


 





loading.. loading.. loading..