Journalism Database & Technology  
 
 

Monday, March 19, 2012       10:05 WIB
Diterpa Isu Sunset Industry, Sektor Tekstil Sulit Cari Tenaga Kerja

Ipotnews--Industri tekstil semakin sulit mencari tenaga kerja yang terampil dalam bidang pertekstilan. Hal tersebut terkait isu yang pernah ada bahwa industri tekstil dan produk tekstil merupakan sektor yang mudah gulung tikar alias bangkrut, terutama saat Indonesia dilanda krisis ekonomi beberapa tahun lalu.

Presiden Direktur PT Daliatex Kusuma, Rudy Unjoto mengatakan, dari sekian banyak industri tekstil, perusahaan miliknya terkena dampak isu sunset yang pernah berhembus. Akibatnya PT Daliatex Kusuma mengalami kesulitan mencari SDM yang mahir di bidang tekstil.

"Bagi saya sekarang ini sulit cari SDM (sumber daya manusia) yang kompeten di tekstil. Karena dulu ada isu (industri tekstil) adalah (indsutri) sunset, jadi ketrampilan di tekstil itu pilihan terakhir," kata Rudy, di pabriknya, akhir pekan lalu.

Dia menyatakan cukup senang, meski isu sunset tersebut cukup melekat di industri tekstil, namun pihaknya mampu mempertahankan industri ini hingga sekarang. Sehingga, paling tidak dirinya bisa membuktikan bahwa isu industri tekstil merupakan industri sunset itu tidak seutuhnya benar.

"Kita berdiri dari tahun 1973, tadinya lahan hanya 6 ribu meter, sekarang luasnya 30 hektare. Produknya kain, kain rajut, dan lainnya. Dari dulu tekstil dan sampai sekarang juga tekstil. Dulu tekstil dikira bisnis sunset. Untung saja kita tetap eksis sampai tahun ini," ungkapnya. (Fitriya)


 





loading.. loading.. loading..