Journalism Database & Technology  
 
 
News & Opinions | energy

Sunday, November 25, 2012       13:41 WIB
Amankan Beban Puncak, PLN Akan Tambah Tiga PLTA


Ito Warsito (Antara)
Ipotnews – PT PLN Persero akan menambah beberapa pembangkit listrik tenaga air (PLTA) guna manambah pasokan Jawa-Bali, serta mengurangi penggunaan BBM sebagai penghasil listrik.

Rencananya, PLTA yang akan dibangun tepatnya di wilayah Rajamandala, Upper Cisokan, Bandung, dan Jati Gede, Sumedang.

“Saat ini kita punya PLTA Cirata, dan akan menyusul tiga PLTA lainnya, di antaranya Rajamandala berkapasitas 47 megawatt (MW), Upper Cisokan kapasitas 1040 MW, dan Jati Gede berkapasitas 110 MW,” ujar Direktur Operasi Jawa Bali, Ngurah Adnyana, seusai acara seribu perahu sapu bersih Waduk Cirata, Bandung Barat, Sabtu (24/11).

Adnyana menambahkan, beberapa PLTA tersebut selesai antara tahun 2016 hingga 2017. Proyek pembangunan yang sedang berjalan saat ini adalah PLTA Cisokan, diperkirakan selesai pada 2016. Sedangkan kedua PLTA yang akan dibangun lainnya sedang tahap kajian dan dipastikan selesai antara 2016-2017.

Namun Adnyana enggan menyebutkan berapa dana investasi untuk pembangunan tiga PLTA tersebut.

Keberadaan PLTA itu nantinya akan digunakan untuk menjaga pasokan beban puncak, sehingga PLN bisa mengurangi penggunaan minyak sebagai sumber energi primer untuk beban puncak.

“Cisokan, siang harinya akan menyedot air dan sore harinya air tersebut digunakan untuk menggerakan generator, untuk menjaga beban puncak,” kata Adnyana.

Saat ini, PLN memiliki PLTA Cirata dengan kapasitas sekitar 1000 MW, pembangkit terbesar di Asia Tenggara. “Walau besar, hanya memberi kontribusi untuk Jawa-Bali sekitar 3,5 persen, karena ada pembangkit lainnya. Walau kecil kita tetap butuh PLTA Cirata guna menjaga beban puncak,” tutur Adnyana. (Rifai)


 





loading.. loading.. loading..