Journalism Database & Technology  
 
 
News & Opinions | social

Thursday, February 18, 2016       20:17 WIB
16 Juta Keluarga Nelayan Miskin, Ini Langkah Rizal Ramli

JAKARTA. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman membuat suatu program peningkatan kualitas hidup para nelayan Indonesia dengan program 1.000 rumah nelayan plus penyediaan air bersih dan gudang penyimpanan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menjelaskan dibuatnya program tersebut karena tingkat kemiskinan nelayan di Indonesia mencapai 16 juta keluarga.

Dirinya mengatakan, selama ini para nelayan diperbantukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). LSM memberikan pengajaran soal manajemen dan penggunaan alat produksi kepada nelayan.

"Nelayan kita itu paling miskin, paling miskin dibandingkan yang lainnya. LSM ajari mereka manajemen, Mereka diajarkan memiliki asuransi,supaya ketika celaka ada santunan dan mengubah kehidupan lainnya," jelas Rizal di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Rizal menambahkan, selama ini lingkungan di kampung nelayan bukanlah lingkungan yang layak. Di kampungnya itu air bersih tidak ada, jorok.

Guna mengubah hal tersebut, Rizal menjanjikan kampung nelayan akan dijadikan semacam kampung nelayan di Eropa. Persiapannya pun tengah dilakukan dengan membuat pilot project di kampung nelayan Indramayu, Jawa Barat.

"Kita coba pilot project di Indramayu. Kita panggil CSR ke sini untuk benerin rumah, air bersih, kemudian dikasih pohon suplai lebih nyaman. Kita akan lakukan ini pada semua kampung nelayan di Indonesia," harap Rizal.

http://economy.okezone.com/read/2016/02/18/320/1315805/16-juta-keluarga-nelayan-miskin-ini-langkah-rizal-ramli

 

 

Sumber : OKEZONE.COM


 





loading.. loading.. loading..